Berbagai vs Pelbagai: Bagaimana Penggunaannya dalam Kalimat?

Barangkali banyak orang Indonesia yang jarang mendengar kata pelbagai dan merasa kalau kata tersebut adalah bentuk tidak baku dari berbagai. Namun, tahukah kamu bahwa kata ini ternyata baku dan memiliki makna yang mirip dengan berbagai?

Kalau begitu, apa dong perbedaan antara kata berbagai dan pelbagai? Lalu, bagaimana penggunaannya dalam kalimat? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

 

## Berbagai

Kata berbagai merupakan kata turunan dari kata bagai. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata bagai memiliki tiga arti, yaitu 1) n, kl, jenis; macam; 2) n, sama; persamaan; banding; 3) p, kata depan untuk menyatakan perbandingan; seperti; laksana.

Salah satu kata turunannya adalah berbagai, yang salah satu artinya dalam KBBI adalah “bermacam-macam” atau “berjenis-jenis”. Kata ini termasuk dalam kelas kata numeralia, atau kata (atau frasa) yang menunjukkan bilangan atau kuantitas. Nama lain dari kelas kata numeralia ini adalah kata bilangan.

Inilah pengertian berbagai menurut KBBI.

bagai>> ber.ba.gai, 1) n, kl, mempunyai persamaan; berbanding; bertara; 2) num, bermacam-macam; berjenis-jenis

 

## Pelbagai

Pelbagai juga termasuk kelas kata numeralia yang memiliki makna “berbagai-bagai”, “beberapa”, “bermacam-macam”, dan “beraneka macam”. Artinya juga mirip bukan? Jadi bagaimana perbedaannya? Ayo scroll ke bawah.

 

## Berbagai vs Pelbagai

“Aku sudah mencoba berbagai cara untuk meluluhkan hatinya…”

“Berbagai upaya telah ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut, tetapi…”

“Terdapat banyak makanan dari pelbagai negara di festival tersebut.”

“Pelbagai hiasan memperindah tampilan kamarnya.”

Apakah kamu sudah bisa menemukan perbedaan antara kedua kata bilangan ini dengan empat contoh di atas? Kalau belum, mari kita simak penjelasannya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, berbagai memiliki arti “bermacam-macam” atau “berjenis-jenis”, sedangkan pelbagai, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berarti “berbagai-bagai”, “beberapa”, “bermacam-macam”, dan “beraneka macam”. Yang membedakan adalah contoh yang diberikan dalam KBBI.

Dalam KBBI, contoh untuk kata berbagai adalah 1) paras eloknya tiada berbagai; 2) berbagai daya upaya telah dilakukan; berbagai cara telah dicoba. Sedangkan contoh untuk kata pelbagai adalah 1) pada musim kemarau timbul kesukaran air di pelbagai tempat; 2) rangkaian bunga dengan pelbagai warna.

Kata berbagai sering digunakan untuk menerangkan bermacam-macam hal yang kemudian dikenai tindakan, misalnya hal upaya yang dikenai tindakan melakukan pada contoh pertama. Sedangkan, kata pelbagai biasanya hanya digunakan untuk menerangkan kata benda tanpa dikenai tindakan apapun, seperti yang dapat kamu lihat pada contoh satu dan dua.

 

## Bisa Saling Menggantikan, Meski Tidak Selamanya

Walaupun ada perbedaan antara berbagai dan pelbagai, sebenarnya dalam Tesaurus Bahasa Indonesia, kedua kata bilangan ini merupakan sinonim. Artinya kedua kata ini dapat saling menggantikan.

Misalnya:

Pelbagai hiasan memperindah tampilan kamarnya.”

dapat diganti menjadi,

Berbagai hiasan memperindah tampilan kamarnya.”

Begitupun sebaliknya. Pelbagai juga dapat menggantikan kata berbagai jika maknanya pas. Akan tetapi dalam kasus-kasus tertentu, kata pelbagai tidak dapat menggantikan kata berbagai. Hal ini dikarenakan kata berbagai memiliki makna lain selain sebagai kata bilangan atau numeralia, yakni makna yang berarti “mempunyai persamaan; berbanding; bertara” yang termasuk ke dalam kelas kata nomina.

Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah sebagai berikut.

Kecantikan gadis itu memang tiada berbagai.

Kata berbagai di atas tidak dapat digantikan dengan kata pelbagai, sebab pelbagai hanya memiliki makna “berbagai-bagai”, “beberapa”, “bermacam-macam”, dan “beraneka macam”, yang hanya bersinonim dengan kata berbagai yang termasuk ke dalam kelas kata numeralia. Oleh sebab itu, kata berbagai dan pelbagai dalam kasus ini tidak dapat dipertukarkan.

 

Nah, itulah penjelasan mengenai perbedaan antara berbagai dan pelbagai. Tidak perlu bingung lagi mengenai penggunaannya. Meskipun hingga saat ini, lebih banyak orang Indonesia yang lebih suka menggunakan kata berbagai daripada pelbagai dengan alasan kata pelbagai membuat orang merasa cadel saat mengucapkannya. Setelah mengetahui penggunaannya dalam kalimat, tidak ada salahnya mencoba menggunakan keduanya?

Kalau kamu sendiri termasuk yang mana? Lebih suka menggunakan berbagai atau pelbagai? Jangan lupa jawab di kolom komentar ya.